Suka Duka Dalam Membuat Penulisan Ilmiah

Penulisan Ilmiah  atau disingkat dengan PI merupakan tugas yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa yang telah duduk di semester 6. PI memiliki bobot 2 SKS. PI bisa merupakan karya ilmiah atas hasil studi di lapangan(aplikatif), studi pustaka(teoritik), maupun gabungan keduanya. Studi lapangan bisa berupa kerja praktek, magang, wawancara, pengamatan, studi banding, dan berbagai cara lainnya. Studi pustaka bisa berupa perbandingan teori, pengembangan teori, pengaplikasian teori, pembuktian teori, dan sebagainya. PI harus diselesaikan dalam 3 (tiga) bulan sejak diterimanya Surat Keputusan Rektor Universitas Gunadarma tentang kewajiban menulis PI bagi mahasiswa, dan penunjukan Dosen Pembimbing PI.

Penulisan Ilmiah yang saya buat berjudul Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Tanaman Padi Berbasis Web dengan PHP. Sebagai mahasiswa yang mengambil konsentrasi di bidang Teknologi Informasi penulisan ilmiah yang dilakukan harus berdasarkan program yang dibuat oleh mahasiswa tersebut berupa perangkat lunak dan program lainnya yang berkaitan dengan teknologi Informasi. Banyak manfaat yang didapat mahasiswa dalam pembuatan penulisan ilmiah  yaitu  secara umum sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis, menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya, membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya, melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian. Secara khusus manfaat yang saya dapatkan adalah saya menjadi lebih tertantang membuat suatu aplikasi atau program perangkat lunak yang bisa meringankan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang yang besar maupun kecil dan menantang saya untuk belajar lebih dari apa yang saya dapatkan dari belajar saat dikelas perkuliahan.

Banyak suka dan duka yang saya dapatkan untuk bisa menyelesaikan Penulisan Ilmiah saya, mulai dari pemilihan Judul, pembuatan program dan penulisan. Saya memilih  memilih judul yang telah saya buat karena saya berasal dari daerah pertanian  dan bermaksud mengaplikasikan ilmu yang saya dapat dengan lingkungan sekitar saya yang dapat memberikan dampak yang lebih baik. Awalnya judul yang saya ambil mengenai program Adroid namun karena tidak terselasaikan sampai pertengahan batas untuk sidang, saya akhirnya mengganti judul Penulisan ilmiah saya mengenai Sistem Pakar berbasis Website yang lebih mudah untuk saya aplikasikan.

Duka yang saya alami  diantaranya adalah mengalami tekanan yang berlebihan dan merasa lebih khawatir. Tekanan yang saya alami berasal dari lingkungan terdekat seperti dari teman dekat, teman di Kampus dan keluarga. Disaat teman di kelas sudah menyelesaikan Penulisan Ilmiah mereka, saya merasa menjadi orang yang tertinggal diantara mereka  dan menghakimi diri saya sendiri.  Saat teman dan keluarga mulai menanyakan hal penyelesaian Penulisan Ilmiah, saya menjadi  terbebani oleh perkataan mereka. Perasaan khawatir yang saya alami membuat saya menjadi tidak merasa semangat sehingga saya lebih banyak mengulur waktu karena hanya memikirkan namun tidak melakukan tindakan.

Dosen pembimbing yang membimbing saya dalam penulisan ilmiah sangat bersabar dalam menghadapi mahasiswa sehingga mahasiswa yang dibimbing  oleh beliau lebih terbantu dan mahasiswa tidak ragu untuk menanyakan solusi dari suatu permasalahan dalam penulisan.  Teman di kelas ikut berperan penting dalam penulisan tersebut atas bantuan mereka membagikan ilmu secara bersama-sama.

Dengan menyelesaikan Penulisan Ilmiah hingga sidang Penulisan Ilmiah banyak manfaat yang saya dapatkan seperti menjadi bersikap lebih dewasa dalam menghadapi permasalahan sendiri, dapat mengaplikasikan ilmu yang telah saya dapatkan kedalam lingkungan yang lebih riil dan merasa untuk lebih banyak lagi belajar mengenai Teknologi Informasi. Pada saat penulisan Ilmiah hingga tahap Sidang Penulisan Ilmiah banyak proses yang harus dilalui termasuk merencanakan suatu pertemuan dengan Dosen pembimbing yang tidak selalu ada jadwal luang untuk memberi bimbingan bagi mahasiswa yang terlambat dalam penulisan, berupanya mengejar lebih Dosen Pembimbing yang mempunyai waktu dan jarak yang terbatas demi terselesaikannya Penulisan Ilmiah, dan hingga proses penandatangan dari berbagai pihak. Dengan proses-proses yang telah dilalui memberi banyak dampak yang baik bagi perkembangan saya sebagai Mahasiswa.

 

Leave a Reply

