Promosi Diri Sendiri

Terlahir di dalam keluarga yang serba kekurangan tidak mematahkan semangat untuk menempuh pendidikan, mencapai cita-cita dan keinginan untuk mencapai hidup yang lebih baik. Nama saya Marsaulina Hutahaean , dilahirkan di Laguboti  yang terletak di Kabupaten Toba di Sumatra Utara pada tanggal 30 september 1993. Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Dilahirkan dan dibesarkan oleh Ayah dan Ibu yang bekerja sebagai petani.  Saya pernah bersekolah di SD N 3 Laguboti  berlanjut ke SMP N 1 Laguboti hingga menempuh pendidikan SMA N 1 Laguboti. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi banyak hal yang menjadi kendala terutama faktor keuangan yang tidak mendukung.  Oleh karena kendala tersebut maka perguruan tinggi negeri menjadi satu-satunya pilihan, namun semua tidak sesuai dengan harapan. Tidak lolos di perguruan tinggi yang saya harapkan, tidak mengurangi semangat untuk mencoba lagi. Dengan semangat yang tinggi saya berhasil lolos namun faktor  wilayah yang kurang mendukung yaitu wilayah yang terlalu jauh ditempuh oleh keluarga, akhirnya diputuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ditempat tersebut. Akhirnya dengan bantuan saudara saya bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Universitas Gunadarma yang terletak di Depok , Jawa Barat.

Jurusan Teknik Informatika menjadi pilihan saya karena berbagai alasan yang sudah dipertimbangkan, salah satunya karena prospek kerjanya yang lebih bervariasi, sangat dibutuhkan oleh zaman yang serba teknologi, dibutuhkan dalam berbagai bidang dan perkembangannya yang tiada habisnya. Saya juga memilih Teknik Informatika karena merupakan bidang yang menyangkut Teknologi yang sangat membantu untuk menyelesaikan masalah yang lebih cepat dan kompleks.  Untuk  saat saya  ini sedang menjalankan semester akhir yaitu semester 8. Banyak pelajaran dan pengalaman yang didapatkan dari semester-semester sebelumnya. Saya termasuk anak yang mandiri karena hidup jauh dari keberadaan orangtua,  menjaga diri sendiri dari hal yang tidak diinginkan dan mengatur diri sendiri. Saya memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat seperti mengikuti organisasi keagamaan yang dapat membentuk karakter yang lebih baik dan membaca berbagai jenis bacaan yang memberikan banyak informasi dan pengetahuan. Saya belajar banyak dari pengalaman orang-orang melalui membaca buku , dan dengan membaca buku lebih membantu saya dalam menghadapi permasalahan yang saya alami.

Pada saat semester lima saya berhasil diterima manjadi Asisten Lab Komputer. Banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga yang saya dapatkan sebagai asisten.  Asisten dituntut untuk menguasai setiap materi yang akan dibagikan kepada praktikan.  Selama menjadi asisten menejemen waktu yang baik  sangat dibutuhkan termasuk dalam hal membagi waktu untuk perkuliahan dan menjadi asisten. Di dalam menjalankan tugas di lab banyak tanggung jawab yang harus  diemban  seperti mengatur dan memimpin berjalannya praktikum ,  dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tegas. Banyak pelajaran yang didapatkan sebagai bekal nantinya untuk bekerja di tempat yang lebih luas lagi.

Sebagai mahasiswa angkatan 2012 dituntut untuk mengikuti kursus dan workshop yang berhubungan dengan jurusan teknik informatika. Saya memilih mengikuti kursus Microsoft Database Administration Fundamental yaitu kursus yang mendalami Microsoft SQL Server. Workshop yang telah saya ikuti adalah Web Design Using Macromedia Flash, Microsoft Visual Basic.Net, Basic User Linux,  Intoduce to Visual C++ with MFC, dan Introduction to wireless LAN installation. Dengan mengikuti kursus banyak ilmu dan pelajaran yang didapatkan dan menjadi bekal untuk menjalani suatu bidang yang menyangkut teknik informatika. Bidang yang telah saya kuasai adalah pemrograman database .

Saya telah menyelesaikan proyek sebuah Sistem Pakar Berbasis Web yang berjudul Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Tanaman Padi Berbasis Web yang bertujuan untuk Penulisan Ilmiah dan sebagai syarat untuk nantinya lulus dari Pasca Sarjana . Dengan Penulisan Ilmiah tersebut saya telah  dinyatakan Lulus sarjana muda yang setara dengan D3. Dalam bidang akademik saya telah memenuhi nilai standard  dan masih ingin memperbaiki kedepannya lagi.  Saya sangat menguasai mata kuliah yang menyangkut sistem manajemen dan administratif. Untuk kedepannya saya berharap dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi ke negara asing karena pendidikan akan selalu berjalan selagi saya mampu.   Jurusan yang inngi saya dalami adalah bisnis manajemen , karena minat saya terhadap bisnis dan dengan pendidikan tersebut nantinya akan lebih mudah melihat peluang untuk dapat menghasilkan suatu manfaat

Didalam menyelesaikan tugas saya termasuk tipe orang yang perfeksionis dan detail sehingga membutuhkan waktu yang  lebih lama namun dengan hasil yang terbaik. Saya bisa bersikap terorganisir jika berhadapan dengan banyak pekerjaan administratif. Saya pekerja keras dan tidak mudah menyerah dalam segala tantangan. Saya lebih senang bekerja sama dengan rekan yang lebih terbuka dan bebas menyampaikan pendapat sesuai dengan etika yang ada. Didalam berelasi dengan rekan maupun suatu instansi saya lebih merasa nyaman bekerja dengan kebebasan namun sesuai dengan peraturan. Saya sangat menaati peraturan yang berlaku dimana pun  saya berada.  Ketegasan merupakan hal yang saya terapkan dalam mengambil keputusan, dengan ketegasan semua permasalahan  akan lebih mudah terselesaikan dan pengambilan keputusan yang lebih menjamin. Saya sangat antusias dalam belajar hal yang baru dan hal yang menantang karena dapat memberikan    dampak yang baik dan pengetahuan baru.  Sebagai seorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi saya akan cepat tanggap dan bertindak cepat saat mengahadapi orang lain kemalangan dan mengalami musibah , baik permasalahan kecil dan besar dengan kemampuan yang saya miliki . Saya termasuk juga ke dalam tipe yang ramah dan cepat akrab saat berhadapan dengan orang baru. Saya memiliki minat untuk mengunjungi tempat-tempat baru dan melakukan eksplorasi.

Dengan ilmu, pendidikan dan kelebihan yang saya dapatkan dan miliki  diharapkan akan memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi diri , bagi yang membutuhkan dan bagi lingkungan sekitar.

Leave a Reply

