Pengaruh Bisnis Online terhadap
Perekonomian Indonesia
Marsaulina Hutahaean

                                                                                      PENDAHULUAN
Krisis moneter yang melanda Indonesia sejak tahun 1998 membuat masyarakat Indonesia mencari alternatif lain untuk menjaga kestabilan finansialnya. Salah satunya adalah dengan membangun bisnis pribadi berbasis usaha kecil dan menengah. Ketiadaan modal usaha yang besar menjadi faktor pendorong para wirausahawan ini untuk berkecimpung ke dalam industri e-commerce; sebuah industri yang memungkinkan wirausahawan memasarkan produknya secara efektif dan tanpa biaya lewat jaringan internet (online). Maraknya situs e-commerce memunculkan fenomena transaksi online yang memudahkan netpreneur untuk mencapai target pasarnya.

Pengertian Bisnis
Bisnis diartikan sebagai suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert]Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang(organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Pengertian Online

Online berarti segala aktivitas yang menggunakan internet dimana kita bisa berkomunikasi atau berhubungan atau terkoneksi dengan banyak orang melalui dunia maya. Secara umum, sesuatu dikatan online adalah bila ia terkoneksi /terhubung dalam suattu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.
Pengertian Bisnis Online

Bisnis online didefenisikan sebagai kegiatan menjual barang / jasa untuk mendapatkan keuntungan melalui media internet. Namun menurut Wikipedia Bisnis Online atau yang disebut sebagai Perdagangan Elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melaui sistem elektronik seperti internet dan televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing) atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

PEMBAHASAN

Sejarah Bisnis Online

Dalam arti sebenarnya, dunia e-commerce telah ada jauh sebelum evolusi teknologi dari penggunaan mesin keajaiban yaitu komputer. Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena teknologi elektronik telah ada sejak jauh sebelum munculnya komputer dan telah menjadi fenomena perdagangan internasional dalam berbagai bentuk seperti impor / ekspor dan usaha mencari alternatif yang layak, yang membentuk global sourcing. Namun hal ini masih tidak berarti bahwa e-commerce telah ada selama berabad-abad yang lalu. Tetapi menurut catatan yang tersedia, e-commerce tersedia sejak tahun 1984 ketika pertukaran data elektronik diciptakan, yang membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi mereka dalam banyak hal lebih dapat diandalkan dari cara sebelumnya dalam hal perdagangan internasional. Catatan pertama dari perusahaan yang membiarkan orang membeli barang dari komputer hadir pada awal 1992 dalam bentuk Compuserve, yang tidak mungkin menawarkan dorongan besar untuk perdagangan internasional, impor / ekspor atau sumber global tapi itu memberikan dasar yang sederhana untuk pengembangan masa depan bisnis online. Pada tahun 1994, saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman Web, e-bussines telah diperkirakan oleh para jurnalis akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Berikutnya, tahun 1995 adalah saat yang tidak bisa dilupakan karena menandai awal lahirnya dari dua raksasa bisnis online yaitu Amazon dan Ebay yang hari ini tidak membutuhkan pengenalan. Sudah pasti dua perusahaan ini memberikan kontribusi dengan cara mereka sendiri untuk perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global. Tahun 1999, penjualan ritel di internet telah mencapai dua puluh miliar dolar. Seiring dengan berjalannya waktu, masa depan e-commerce tentu lebih terang dibandingkan dengan situasi saat ini meskipun beberapa ahli mengungkapkan beberapa keprihatinan atas ekspansi pertumbuhan e-commerce dan pengaruh dalam perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global.

Manfaat Transaksi Online
1. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
2. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi online adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
3. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
4. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi online menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
5. Meningkatkan supply management.
Transaksi online menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
6. Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.

Macam-macam bisnis online

Sama halnya dengan bisnis biasa, bisnis Online setidaknya juga terbagi menjadi 2 bidang, yaitu bidang perdangangan barang dan bidang jasa.
a. Bidang Perdagangan Barang
Dalam bidang perdagangan barang secara Online ini, telah berkembang dari waktu ke waktu. Pada awalnya, perdangan barang secara Online hanyalah merupakan pengembangan strategi pemasaran oleh perusahaan yang sudah mapan. Mereka menawarkan cara belanja baru, dimana dengan surfing ke website yang mereka sediakan, pelanggan bisa langsung berbelanja seperti halnya ketika mereka datang ke gerai/toko secara langsung. Jika di Amerika ada Amazon, di Indonesia ada banyak juga perusahaan yang berkembang dengan sistem Online, sebut saja bhinneka atau jogjabolic. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan perdagangan secara Online menjadi semakin meningkat. Media yang dipakai pun semakin beragam, mulai dari website konvensional, blog, bahkan jejaring sosial sekelas facebook pun menjadi ajang bisnis yang menguntungkan. Para pedagang seperti ini tidak perlu benar-benar memiliki tempat usaha yang representatif secara fisik/nyata, mereka cukup meng-upload foto barang yang ditawarkan, dan jika ada pelanggan yang berminat, barang bisa dikirim melalui jasa ekspedisi tanpa batasan ruang; bisa antar kota, antar pulau, antar negara, bahkan antar benua. Dari semua keuntungan diatas, tentu saja tidak semua barang cocok untuk diperdagangkan melalui internet.

b. Bidang Jasa
Dalam bidang jasa, Bisnis Online berkembang jauh lebih cepat. Seperti Ebay yang merupakan situs jasa promosi paling terkenal didunia. Di Indonesia ada juga situs sejenis antara lain berniaga.com dan tokobagus.com. Selain bidang promosi masih ada juga macam-macam bisnis Online dibidang jasa, seperti: Jasa Desain Grafis, Jasa pembuatan Website Penulisan Artikel, Copy Writing, Pembuatan Transkrip, Penerjemahan, Melakukan SEO, Pengelolaan Iklan PPC, Coding/pemrograman Software/script, dll.

PENUTUP

Sebagai sektor perekonomian yang baru, bisnis Online di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat Indonesia yang masih tradisional. Indonesia sebagai negara berkembang yang berusaha meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya tentu saja membutuhkan sektor perekonomian yang baru. Dan bisnis Online merupakan salah satu jawabannya. Perkembangan bisnis Online yang cukup pesat, dapat mempermudah masyarakat dalam memulai suatu bisnis yang baru. Karena dalam bisnis Online tidak memerlukan biaya yang besar untuk membuat tempat usaha. Sehingga dengan modal kecil sekalipun siapapun dapat memulai bisnisnya.
Dengan adanya bisnis Online, secara umum telah banyak membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dunia. Walaupun ada beberapa sisi buruk dalam bisnis Online namun manfaatnya jauh lebih banyak dan bisa dirasakan oleh banyak orang. Pada prinsipnya bisnis Online turut berperan dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Sehingga tidak heran jika bisnis Online berkembang pesat dan menjadi populer dalam masyarakat modern.

REFERENSI

1. http://netpreneur.co.id/kenali-5-revolusi-ekonomi-yang-berdampak-pada-bisnis-online/#.ViKB9fk1rDc
2. http://chandratws.blogspot.co.id/2013/02/resume-bisnis-online.html
3. http://erni92.ilearning.me/kkp-bab-ii/2-11-definisi-online/
4. https://cardingdantransaksionline.wordpress.com/about/pengertian-transaksi-online/
5. http://imeldasiahaan-mpr.blogspot.co.id/2009/11/dampak-internet-terhadap-perekonomian.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s