Autodesk Maya

Autodesk maya

Autodesk Maya ,umumnya disingkat menjadi Maya yaitu perangkat lunak komputer grafis 3D yang berjalan pada Windows , OS X dan Linux. Awalnya dikembangkan oleh Alias System Coorporation  kemudian saat ini dimiliki dan dikembangkan oleh Autodesk ,Inc. Autodesk Maya digunakan untuk membuat aplikasi 3D interaktif termasuk video game , film animasi , serial TV, atau efek visual.

 Sejarah

Maya awalnya produk anmasi generasi berdasarkan kode dari Advanced Visualizer oleh Wavefront Technologies , Power Animator oleh Alis Research dan Alias Sketch . Walt Disney Feature Animation bekerjasama erat dengan pembangunan Maya selama produksi dari Dinosaur. Disney meminta agar User interface dari aplikasi akan disesuaikan sehingga alur kerja pribadi dapat dibuat. Ini adalah pengaruh tertentu dalam arsitektur terbuka Maya, dan sebagian bertanggung jawab untuk itu menjadi begitu populer di industri.

Maya dimulai dengan Tcl sebagai bahasa scripting, dalam rangka untuk meningkatkan kesamaannya dengan bahasa shell Unix. Tapi setelah merger dengan Wavefront, Sophia, bahasa scripting di Wavefront yang Dynamation, terpilih sebagai dasar MEL (bahasa Maya tertanam).

Maya 1.0 dirilis pada bulan Februari 1998. Setelah serangkaian akuisisi, Maya dibeli oleh Autodesk pada tahun 2005. Di bawah nama perusahaan induk baru, Maya berganti nama Autodesk Maya. Namun, nama “Maya” terus menjadi nama yang dominan digunakan untuk produk.

 Industri Penggunaan

Maya telah digunakan untuk membuat grafis untuk banyak film sinematik, termasuk pemenang Academy Award The Girl with the Dragon Tattoo, Avatar , Finding Nemo, Up, Monster, Hugo, Rango, dan Frozen. Hal ini juga digunakan untuk menciptakan efek visual untuk program televisi, termasuk Game of Thrones, The Walking Dead, Once Upon a Time, Bones, Futurama, Boardwalk Empire dan South Park. Maya terlibat dalam menciptakan efek visual untuk video game, termasuk Halo .

Komponen

Sejak konsolidasinya dari dua paket yang berbeda, Maya dan kemudian berisi semua fitur suite terbatas .

Efek fluid

Sebuah simulator cairan yang realistis berdasarkan kesederhanaan, untuk simulasi cairan non-elastis ditambahkan pada Maya 4.5. Hal ini efektif untuk  api, awan dan ledakan, serta banyak efek cairan kental seperti air, magma atau lumpur.

 Klasik Kain

Memanfaatkan alur kerja berbasis pola planar ,  terinspirasi oleh proses yang digunakan untuk merancang pola pakaian dunia nyata. Dalam produksi modern, modul Maya Kain sebagian besar telah digantikan oleh yang lebih cepat, sistem nCloth lebih fleksibel diperkenalkan dalam versi 8.5. Sebelum ini, plugin pihak ketiga, terutama Syflex, yang umumnya lebih disukai untuk kinerja yang unggul, stabilitas simulasi dan alur kerja berbasis pemodelan poligon mereka sudah akrab dengan seniman 3D.

Fur

Simulasi Fur dirancang untuk cakupan area yang luas dari rambut pendek dan bahan rambut . Hal ini dapat digunakan untuk mensimulasikan benda bulu-seperti pendek, seperti rumput, karpet, dll Berbeda dengan Maya Rambut, modul Fur tidak akan mencoba untuk mencegah rambut-to-rambut tabrakan. Rambut juga mampu bereaksi secara dinamis untuk kekuatan fisik pada rambut per dasar. Efek fisika seperti yang dicapai melalui efektor bulu terdekat yang mendekati efek kekuatan fisik rata-rata lebih folikel di dekatnya.

nHair

Sering digunakan untuk mensimulasikan gaya rambut manusia komputasi kompleks termasuk ekor kuda, perms dan kepang. Simulasi menggunakan NURBS Curves sebagai dasar yang kemudian digunakan sebagai stroke untuk Efek Cat sikat sehingga memberikan kurva render waktu representasi permukaan seperti itu dapat berinteraksi dengan cahaya dan bayangan. Tujuan non-rambut (seperti tabung fleksibel, kabel, tali, dll) sering dikenal Curves hanya sebagai Dinamis.

Maya Live

Satu set alat pelacakan gerak untuk CG cocok untuk rekaman piring bersih. Ini sebagian besar telah usang oleh MatchMover.

nCloth

nCloth adalah implementasi pertama dari Maya Inti, kerangka simulasi Autodesk. nCloth menyediakan artis dengan kontrol rinci kain dan bahan simulasi. Dibandingkan dengan pendahulunya Maya Kain, nCloth adalah kerangka simulasi yang lebih cepat, lebih fleksibel dan lebih kuat.

nParticle

nParticle digunakan untuk mensimulasikan berbagai efek 3D yang kompleks, termasuk cairan, awan, asap, semprot, dan debu. nParticles lebih fleksibel daripada sistem partikel sebelumnya Maya dalam nParticles dapat digunakan untuk mensimulasikan cairan kental serta mendukung benar partikel-to-partikel tabrakan. nParticles juga berinteraksi dengan sisa kerangka simulasi Inti tanpa perlu mahal pekerjaan-arounds dan scripting kustom.

MatchMover

Memungkinkan composite elemen CGI dengan gerakan data dari video dan film yang urutan, proses yang dikenal sebagai Pertandingan bergerak atau pelacakan kamera. Ini adalah program eksternal tetapi dikirim dengan Maya.

Camera Sequencer

Kamera Sequencer digunakan untuk tata letak beberapa jepretan kamera dan mengatur mereka dalam satu urutan animasi.

Kelebihan Autodesk Maya

Di samping alur kerja visual lebih diakui, Maya dilengkapi dengan cross-platform bahasa scripting, yang disebut Maya Tertanam Bahasa. MEL disediakan untuk scripting dan sarana untuk menyesuaikan fungsi inti dari perangkat lunak, karena banyak alat-alat dan perintah yang digunakan ditulis di dalamnya. Kode dapat digunakan untuk insinyur modifikasi, plug-in atau disuntikkan ke runtime. Di luar ini menggunakan dangkal bahasa, interaksi pengguna dicatat dalam MEL, yang memungkinkan bahkan pengguna berpengalaman untuk melaksanakan subrutin. Informasi adegan demikian dapat dibuang, ekstensi .ma, diedit luar Maya dalam editor teks apapun.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Autodesk_Maya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s